Kamis, 16 Februari 2012

3 Hal yang dapat Membunuh Semangat

Mungkin ini adalah postingan pertama yang dibuat oleh saudara Hendrianto Kusuma. Semoga di postingan pertama ini bisa menambah wawasan kita tentang pengembangan diri kita. Di postingan ini, akan dibahas tentang tiga hal-hal yang umumnya dilakukan seorang manusia kepada manusia lain yang menyebabkan pudarnya atau hilangnya semangat manusia dalam mencapai tujuan hidupnya atau merasa tidak percaya diri terhadap masyarakat atau kehidupan sosial. Postingan ini bersumber dari buku karangan Dr. Ibrahim Elfiky dengan bukunya yaitu Terapi Berpikir Positif. Langsung saja kita simak ketiga hal-hal tersebut :



1. Menghina
Berdasarkan KBBI, arti kata menghina adalah merendahkan atau memandang rendah (hina, tidak penting). hal tersebut bermaksud untuk  memburukkan nama baik orang, menyinggung perasaan orang (spt memaki-maki, menistakan) dan akibatnya bisa berdampak buruk kita. Apabila kita mnghina seseorang, secara tidak sadar kita bisa menyakiti hati orang tersebut jika orang tersebut memiliki sikap yang mudah tersinggung.

2. Membanding-bandingkan
Kata ini sudah tidak asing dan mungkin kita pernah mengalami hal ini. Ya, mungkin bagi sebagian orang atau orang yang memiliki sikap mudah DOWN, ketika diri mereka dibanding-bandingkan dengan orang lain oleh orang lain juga atau bahkan temannya hal tersebut mungkin akan membuat mereka tersinggung. Misalnya, ketika saya dibanding-bandingkan dengan adik saya oleh orang tua saya, tentu saja saya akan tersinggung dengan hal tersebut.

3. Mengkritik
Biasanya hal ini sering muncul ketika pada saat akhir acara dalam sebuah event pada saat evaluasi acara / evebt tersebut yang biasanya mereka mengatakan "mungkin kritik dan saran bisa membantu kami" atau dalam sebuah produk. Namun, hal tersebut sebenarnya tidak bisa membantu seseorang untuk bangkit atau berkembang, tetapi justru mungkin malah berakibat fatal atau bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Sebenarnya yang paling tepat untuk disampaikan dalam sebuah evaluasi adalah solusi untuk membangun atau menambah pengembangan diri seseorang, bukannya kritik, saran atau bahkan komentar.

Itulah tadi postingan pertama dari saudara Hendrianto Kusuma, semoga dengan ter-publish-nya tulisan ini wawasan atau pengembangan diri kita bisa bertambah.
-salam D3ITB-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar